Minggu, 07 Juli 2013

TRANSAKSI KARTU KREDIT

 Apa itu mesin EDC....?

 Dalam suatu proses transaksi kartu kredit salah satu instrument yang paling penting adalah keberadaan mesin edc. Mesin edc singkatan dari Elektronik Data Capture atau mesin penangkap data. Nahh.. biasanya mesin edc ini di sediakan oleh pihak bank pemroses atau pihak aquiring bank. Ada beberapa type mesin edc seperti : Hypercom T7PP, T2100, Ingenico. kebanyakan mesin edc ini di setting dengan menggunakan fix line baik direct line atau bisa di setting dengan PABX. Dalam perkrmbangan terakhir beberapa bank sudah bisa menyediakan edc GPRS atau yang bisa terhubung dengan sisten LAN. 

Khusus untuk merchant hotel atau Villa-Villa yang mempunyai type transaksi berbeda dengan transaksi retail, edc biasanya di setting untuk bisa melakukan transaksi manual key in atau sign on file atau SOF. Artinya customer hanya cukup menginformasikan nomer kartunya dan masa berlaku kartu serta CVVnya transaksi sudah bisa di lak6ukan di edc. Selain itu untuk merchant hotel di edc di buka juga fitur-fitur yang namanya cardverification dan off line. Customer pada saat check in kartunya akan di blok sementara limitnya, dan pada saat check out baru di lakukan off line.

Pihak Bank penyedia mesin edc biasanya akan selalu memberikan refresh trainning kepada front liner kasirnya, baik itu cara-cara penggunaan mesin edcnya atau masalah fraud transaksi. Hal ini penting di lakukan untuk kedepannya bisa di cegah atau di minimalisir terjadinya fraud transaksi yang akan merugikan merchant itu sendiri.

Untuk merchant Supermarket atau hotel mesin edc bisa di install lebih dari satu terminal. Pihak bank biasanya akan secara reguler memaintenance edcnya di merchant-merchant. Memastikan apakah edc tersebut sudah berfungsi dengan baik. Sehingga apabila transaksi sudah lancar otomatis penjualan akan meningkat.

Keuntungan dari pihak bank di dapat dari discount rate yang di kenakan kepada merchant. Discount rate bisa berpariasi tergantung dari type merchant, seperti merchant retail biasanya berkisar antara 2%, kalau hotel tergantung juga kelasnya biasanya antara 1,6% sampai 1,7%.

Setiap harinya pihak bank akan mengirimkan perincian pembayaran kepada merchant ,  akan memudahkan merchant melakukan rekonsile.

Demikianlah sekilas informasi seputar masalah transaksi kartu kredit, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

4 komentar:

  1. Suksma ilmu SOF nya paktu, hehe

    BalasHapus
  2. Siapa tau ada yg punya usaha Barang antik,toko berlian yang punya mesin edc BRI model lama.
    Saya punya kartu debit dr luar negri ,,numpang debit dengan nilai besar dan fee juga besar...
    Barang kali ada yang mau kerja sama silakan wa saya +12312225577

    BalasHapus