Minggu, 07 Juli 2013

APA ITU KARTU KREDIT...?

Apa itu Kartu Kredit...?

Kartu Kredit adalah alat pembayaran dalam sebuah transaksi, sama halnya dengan uang cash. Kartu Kredit di terbitkan oleh bank penerbit kartu, dI Indonesia kurang lebih sekarang hampir puluhan bank sudah bisa menerbitkan kartu kredit, seperti Citibank, BCA, Mega, BNI,  Mandiri , Danamon CIMB Niaga, Mandiri dll.  Kartu kredit akan di berikan limit oleh pihak bank tergantung dari kemampuan customer tsb. Masing -masing bank juga menerbitkan berbagai jenis kartu kredit ada : Gold Card, Platinum  & Ultima dan masing- masing kartu mempunyai kelebihannya masing-masing.

Selanjutnya customer bisa menggunakan kartunya untuk melakukan transaksi di berbagai merchant misalnya : Supermarket, Rumah Sakit, Hotel, Travel Agent, Airline dll. Masing-masing bank penerbit kartu  sekarang ini saling berlomba-lomba memberikan penawaran yang menarik bagi customernya, misalnya fasilitas cicilan 0% untuk transaksi elektronik, redeemp point, gratis iuran tahunan, dll.

Dalam proses transaksi kartu kredit ada berbagai pihak yang terlibat antara lain : Bank Penerbit Kartu  atau Issueing Bank, Bank Pemroses Aquiring Bank ( Bank yang menyediakan fasilitas mesin edc di merchant ), Merchant - merchant ( berupa toko, hotel, travel agent, rumah sakit restaurant dll, terakhir adalah pemegang kartu.

Mesin edc ( electronic data capture ) adalah fasilitas yg di sediakan oleh bank pemroses yang terhubung dengan fix line atau Gprs yang memungkinkan suatu transaki bisa di lakukan. Saat ini mesin edc sudah bisa di setting untuk melakukan transaksi redeem point dan transaksi cicilan. Promo semacam ini sangat di gemari oleh customer, sehingga bisa menaikan jumlah penjualan.

Setiap bulannya pemegang kartu atau cardholder akan merenerima billing statement dari bank penerebit kartu, dimana saja selama kurun waktu 1 bulan  ybs melakukan transaksi dan di dalamnya tertera pula berapa total tagihannya, minimum pembayarannya dan tanggal jatuh temponya. Untuk pembayaranya sudah bisa dilakukan secara on line baik dengan ATM atau melalui kantor Pos.

Customer juga dapat melakukan sanggahan transaksi apabila ada salah satu transaksi yang mencurigakan yng tidak dilakukan oleh customer. Selanjutnya nanti Bank Penerbit akan melakukan investigasi terhadap transaksi tsb, bisa saja transaksi tersebut di akibatkan oleh fraud transaksi, double posting, dll.

Ada beberapa tip bagi pemegang kartu untuk menghindari tindakan penipuan antara lain :

1. Simpanlah kartu kredit baik - baik, apabila kehilangan segera kepada bank agar segera di blok kartunya.
2. Simpanlah bukti transaksi dan bukti pembayaran dengan baik.
3. Wapadai modus penipuan atau penawaran yg tidak jelas melalui telepon.
4. Jangan sembaranag memberikan informasi nomer kartu anda dan Exp date kartu.
5. Bayarlah tagihan anda tepat waktu sekalipun hanya minimum payment.

Sedangkan Tip untuk para frontliner kasir adalah :

1. Lakukan check fisik kartu dan selalu minta tanda tangan customer
2. Apabila ada tindakan mencurigakan dari customer segera hubungi pihak bank.

Beberapa modus operandi yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan kartu kredit antara lain ;

1. Stolen Card atau Kartu Curian
    Pelaku menggunakan fisik kartu orang lain untuk melakukan transaksi di merchant, kalau kasir tidak hati-hati tidak mencocokan tanda tangan & check fisik kartu, transaksi ini akan lolos.

2. MOTO
    Pelaku mengirim data nomer kartu orang lain ke pihak merchant Exp Hotel, Villa untuk di manual key in kartunya

3. Pencurian data dengan Skimer
    Pelaku bekerja sama dengan kasir di merchant untuk menaruh satu alat untuk mencuri data dari Kartu Customer.


Demikianlah sekilas informasi mengenai seluk beluk transaksi kartu kredit, semoga tulisan di atas dapat memberikan maanfaat bagi para pembaca sekalian, dan tentunya kejahatan kartu kredit dapat kita cegah.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar