Senin, 08 Juli 2013

APA ITU TRANSAKSI CARDVER...?

Apa itu transaksi Cardver...?

Cardver atau cardverification atau ada juga yang menyebut pre authorization adalah suatu proses transaksi credit card yang biasanya dilakukan di merchant hotel. Cardver dilakukan di mesin edc dengan cara menekan tombol function cardver.  Fungsinya adalah untuk men-cadangkan dana customer untuk pembayaran transaksi selanjutnya. Cardver dilakukan pada saat tamu akan check in dan kartunya harus di swipe atau di dip terlebih dahulu di mesin edc. Cardver akan mengakibatkan limit kartu customer akan di blok sementara dan biasanya akan re-lease otomatis setelah 2 minggu. Cardver tidak menyebabkan tertagih  menyebabkan limitnya di blok.

Mengenai jumlah transaksi yang di cardver tidak ada ketentuan, masing-masing hotel dalam prakteknya menerapkan jumlah yang berbeda-beda. Ada yang di hitung per malam atau ada juga di sesuaikan dengan berapa malam customer akan menginap. Cardver boleh di lakukan lebih dari sekali. Nahh...agar transaksi cardver ini bisa di bayarkan, maka pihak hotel akan melakukan Off line di mesin edc dengan memasukan code approval yang di dapat dari transaksi cardver tersebut.

Pembatalan cardver hanya dapat dilakukan dengan membuat Berita Acara pembatalan kepada pihak Bank untuk mempercepat limitnya re-lease. Yang perlu di ingat di sini bahwa apabila customer melakukan pembayaran dengan kartu debit tidak boleh di lakukan cardver akan tetapi langsung harus di lakukan fungsi sales di mesin edc.

Permasalahan yang sering muncul adalah seringnya complain dari customer yang dananya belum di release oleh pihak bank, sehingga bagi customer yang limitnya pas-pasan  tidak akan bisa melakukan transaksi.

Demikian juga masih seringya frontliner kasir yang melakukan cardver terhadap kartu debit, karena untuk re-leasenya akan memerlukan waktu yang sangat lama, dan hal ini juga sering menimbulkan complain dari customer.




14 komentar:

  1. gan, semisal saya card ver dengan mesin edc bca 1juta, trus pas offline saya menggunakan mesin edc lain, mesin edc niaga 1 juta juga, itu bagaimana, apakah yg di bca masih tetap menggantung 1juta dan cc tamu kepotong lagi 1 juta waktu saya offline kan... mohon pencerahannya.. trimakasih

    BalasHapus
  2. ga bisa mas... harus dengan mesin yang sama...

    BalasHapus
  3. mas rony kalau misal saya cardver 2.000.000 tapi total tagihan tamu 3.000.000 ,apa yang harus saya lakukan ?? saya offlinekan atau sale saja ??
    mohon jawabannya mas .thanks

    BalasHapus
  4. benar atau tidak sama2 bagi ilmu. cardver atau open card itu kalau bahasa mudahnya itu, di blok atau ngegantung, dan misal pada saat swipe atau insert card di EDC 1 dan pas akan pembayaran menggunakan EDC lain sah sah saja, atau tamu ingin menggunakan kartu yg lain utk pembayaran pun tidak ada masalah, dan Printout atau saledraft Cardver yg cardholder copy tersebut kembalikan ke pihak pemegang kartu dan yg merchant copy tetap kita pegang. dan batas limit cardver itu 1 minggu atau lebih.

    BalasHapus
  5. Ada yg bisa bantu saya dengan penarikan uang di kartu debet saya dengan nilai penarikan yg jumlah besar, dengan sistem offline. Saya pasti akan memberikan imbalan kepada yg bisa bantu saya, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya ketentuan bank hanya kartu cridit yg bisa transaksi offline, dan itu mesti 2 step

      Cardver dahulu kemudian offline

      Jika transaksi langsung di alihkan ke offline apalagi kartunya debit, wah... dipaksakan itu,
      Karna transaksi offline tidak akan bisa di lakukan tanpa ada appcode dan appcode kita peroleh dari transaksi cardver

      Jadi gimana mau offline jika kita tidak lewati transaksi cardver

      Jika ia bisa pun TRANSAKSI langsung offline menggunakan atm/debit card, itu pasti menyalahi aturan bank itu sendiri

      Hapus
  6. Bila Ada yg bisa bantu, wa Saya 081289509392. Hanya untuk yg serious bantu Saya saja, thanks

    BalasHapus
  7. Bila kita cardver, namun saat transaksi kita tidak offline kan atau kita sale ulang, release berapa hari kah ?

    BalasHapus
  8. opennya masih tanda tanya . open di credit apa open di debet, apa open di cardvere, menurut sya , setelh saya baca tautan tentang cardver diatas, berati yg sudah ofline 30 ribu berati itu sudah terpotong 30 ribu secara otomatis, nh sisanya bisa dimintain secara cash /debet/credit. dn yg di cardvere 470 itu akan secara otomatis kembali ke pemilik kartu berdasarkn kurun waktu yg sudah di ttpkn oleh aturan bank. atau di relase cardver nya. mudh mudhn benar ya narasi saya.

    BalasHapus
  9. Saya memiliki kartu visa debit dr luarnluar
    Siapa yang punya meain edc BRI model lama saya numpang debit.. dpt feee besar.
    Hub wa saya +12312225577

    BalasHapus
  10. Saya memiliki Kartu debit dr luar negri
    Bisa ga kerjaakerja sama ada yang cairkan via edc BRI model lama.
    Biasanya cuma bisa pake edc model lama
    Siapa tau ada yg minat kerja sama dpt fee besar

    BalasHapus